Ginekomastia
pada Dada Pria

“Apa itu Ginekomastia (Pembesaran Payudara pada Pria)?”


Pada masa remaja, payudara pria bisa membesar karena obesitas atau pertumbuhan jaringan mammae yang berlebihan. Gejala dapat terlihat pada masa remaja atau di kemudian hari. Meskipun ini adalah masalah umum di antara banyak pria, namun hal ini dapat menyebabkan gangguan kepribadian pada usia paling sensitif, membawa masalah kehidupan sosial yang membahayakan. Data dari luar negeri menunjukkan bahwa sekitar 1 dari 10.000 laki-laki menderita ginekomastia. Terlepas dari jenis kelamin, baik pria maupun wanita memiliki payudara sejak lahir. Sedangkan untuk wanita, payudara, seperti kelenjar susu dan saluran laktiferous, berkembang dengan estrogen selama masa remaja. Sedangkan untuk pria, pembesaran payudara dapat terjadi seperti wanita karena adanya perubahan hormon. Karena ginekomastia biasanya muncul sebagai salah satu penyakit endokrin, penting untuk memverifikasi anomali pada sistem endokrin.

Informasi Prosedur Operasi


  • Waktu Operasi:     60-90 menit
  • Jenis Pembiusan:     Sedasi IV
  • Rawat Inap:     Tidak diperlukan
  • Pelepasan Jahitan:     2 hari & 7-10 hari
  • Waktu Pemulihan:     1-2 minggu

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menjalani Operasi Ginekomastia (Pengecilan Payudara pada Pria)?


Payudara bisa tumbuh dengan rasa sakit karena perubahan hormon yang cepat selama masa remaja. Gejala ginekomastia mungkin bersifat sementara dan hilang pada umumnya sebelum usia 21 tahun saat masa remaja berakhir dan hormon menjadi seimbang. Oleh karena itu, operasi ini dianjurkan untuk pasien dewasa yang telah melewati masa remaja. Namun, ginekomastia yang tidak terkait dengan penyakit endokrin atau perubahan hormon yang cepat perlu dikonsultasikan dengan ahli bedah untuk prosedur pembedahan.

Metode Operasi Ginekomastia pada Pria


METHOD 01: Metode Sedot Lemak

Liposuction Method of Male Breast Reduction

Metode ini diperuntukkan bagi pria yang memiliki sejumlah besar jaringan adiposa (lemak) di payudara. Keuntungan dari metode sedot lemak adalah tidak meninggalkan banyak bekas luka karena sayatan yang kecil.

METHOD 02: Metode Insisi Sub-areola

Sub-areolar Incision Method of Male Breast Reduction

Ini adalah metode tradisional untuk melakukan operasi ginekomastia bersamaan dengan metode sedot lemak. Karena metode sedot lemak sulit untuk menghilangkan perkembangan jaringan mammae, prosedur operasi tambahan yang merupakan penghilangan jaringan mammae diperlukan. Pada kebanyakan kasus, dua metode dipraktekkan secara bersamaan melalui insisi sepanjang 1 cm di ketiak atau areola. Jaringan mammae dihilangkan melalui endoskopi dan jaringan adiposa dikeluarkan dengan sedot lemak, meninggalkan bekas luka yang tidak mencolok.

Kandidat yang Ideal untuk Operasi Ginekomastia (Pengecilan Payudara Pria)


01    Pria yang memiliki ukuran payudara yang besar dan tidak normal.

02    Pria yang stres dan khawatir karena ukuran payudaranya

03    Pria yang relatif memiliki daerah subareolar lebih besar dari yang lain.

04    Pria yang berharap bisa menurunkan berat badan bersamaan dengan ukuran payudaranya.

Poin Operasi Ginekomastia pada Pria


01    Operasi ginekomastia tidak memerlukan rawat inap.

02    Operasi ginekomastia tidak menyisipkan jahitan dan tidak memerlukan balutan setelah operasi.

03    Setelah operasi, pasien dapat mandi dengan segera.

Perawatan Pascaoperasi untuk Operasi Ginekomastia


01    Operasi biasanya dilakukan dengan sedasi IV dan memakan waktu sekitar 1 jam.

02    Jika ada banyak jaringan mammae yang dibuang, mungkin akan terjadi perdarahan selama 1-2 hari. Oleh karena itu, pembalutan kompresi mungkin diperlukan untuk mencegah perdarahan lebih lanjut.

03    Meskipun Anda dapat langsung kembali ke kehidupan sehari-hari, kami merekomendasikan pasien untuk menghindari mengangkat beban berat selama dua minggu.

04    Para dokter menganjurkan pasien menghindari aktivitas intens atau olahraga selama sebulan setelah operasi.

Kontak kami

Untuk konsultasi online atau membuat janji, silahkan isi form di bawah ini. Untuk konsultasi via whatsapp +82 10-5059-6626 (English) +62 818-0737-4400 (Bahasa)