Penyusutan
Tulang Pipi

“Apa itu Operasi Penyusutan Tulang Pipi?”


Operasi penyusutan tulang pipi adalah operasi untuk mengurangi ukuran tulang pipi dan menciptakan citra wajah yang lebih lembut. Dokter VIP benar-benar memahami struktur anatomi wajah masing-masing individu dan melakukan prosedur sesuai dengan kebutuhan pasien.

Informasi Prosedur Operasi


  • Waktu Operasi:     ~90 Menit
  • Jenis Pembiusan:     Sedasi IV atau Bius Umum
  • Rawat Inap:     Tidak Diperlukan
  • Pelepasan Jahitan:     2 hari
  • Waktu Pemulihan:     2-7 hari

Metode Operasi Penyusutan Tulang Pipi



Cheekbone Reduction Surgery Method – Step 1

LANGKAH  01Memahami dan merancang jumlah tulang pipi yang harus dikurangi.
Cheekbone Reduction Surgery Method – Step 2

LANGKAH  02Membuat sayatan pada kelebihan tulang pipi samping dan memisahkannya dari tulang pipi depan.
Cheekbone Reduction Surgery Method – Step 3

LANGKAH  03Membuat sayatan pada bagian belakang tulang pipi.
Cheekbone Reduction Surgery Method – Step 4

LANGKAH  04Memutar tulang pipi untuk memindahkannya ke dalam.
Cheekbone Reduction Surgery Method – Step 5

LANGKAH  05Menyatukan tulang pipi yang disusutkan dan menjahit sayatan yang dibuat.

Garis Sayatan Tidak Terlihat


Sebagian besar kasus bisa dilakukan dari dalam mulut. Dengan demikian, prosedur ini tidak meninggalkan bekas luka yang tampak jelas bahkan setelah operasi tulang pipi, yang merupakan keuntungan tersendiri dari metode ini. Namun, dalam kasus penonjolan di depan telinga lengkungan zygomatic, area ini tidak dapat dipatahkan dan diperbaiki, yang menjadi kekurangan prosedur ini. Selain itu, sayatan di dalam mulut bisa memperparah kekenduran wajah. Dalam kasus tersebut, prosedur tarik wajah untuk mengangkat jaringan lunak pada wajah secara paralel bisa mencegah kekenduran wajah.

Kandidat yang Ideal untuk Penyusutan Tulang Pipi


01    Orang yang ingin memperbaiki wajah datar karena tulang pipi samping yang terlalu lebar

02    Orang yang ingin memperbaiki citra wajah yang terlalu kuat karena tulang pipi yang menonjol

03    Orang yang ingin memperbaiki pipi atau pelipis yang cekung karena tulang pipi yang terlalu menonjol

04    Orang yang ingin memperbaiki garis wajah bergelombang dan merampingkan tulang pipi

Poin Operasi Penyusutan Tulang Pipi


01    Operasi ini secara mendasar mengurangi volume dan ukuran tulang pipi.

02    Operasi ini mencegah lemak pipi mengendur dengan mengangkat otot dan jaringan kulit.

03    Operasi ini tidak hanya menyusutkan tulang pipi, tetapi juga memberikan hasil natural dan 3D sesuai dengan penampilan ideal masing-masing pasien.

04    Operasi ini bersifat semi permanen karena menggunakan metode sayatan.

05    Operasi ini meminimalisir kerusakan pada jaringan saraf dan pembuluh darah.

Peringatan Praoperasi Penyusutan Pipi


01    Lekukan alami harus tercapai Tulang pipi adalah struktur tiga dimensi yang membentuk area tengah wajah dan memiliki keindahan pada lekukannya. Jika lekukan alami lenyap setelah tulang pipi dirampingkan, wajah akan terlihat artifisial dan tidak alami. Oleh karena itu, bila tulang pipi dirampingkan atau dikurangi, keindahan lekuk wajah harus dipertimbangkan, lebih baik menghilangkan bagian tulang yang lurus daripada bagian tulang yang melengkung dalam prosedur ini. Untuk tujuan ini, ahli bedah harus memiliki selera artistik yang sangat baik dan pengetahuan yang cukup.

02   Wajah yang berpotensi mengendur harus dipertimbangkan Untuk pasien berusia dua puluhan, tidak ada masalah besar mengenai wajah kendur setelah operasi. Namun, pada usia tiga puluhan sampai empat puluhan, operasi penyusutan tulang pipi melalui sayatan di dalam mulut bisa memperparah kekenduran pada pipi. Dalam kasus tersebut, penyusutan tulang pipi melalui sayatan pada kulit kepala atau prosedur tarik wajah endoskopik secara bersamaan dengan penyusutan tulang pipi dapat mencegah pipi yang kendur.

03   Bekas luka pascaoperasi harus dipikirkan dengan baik Ini bukan masalah kecuali untuk metode sayatan kulit kepala. Sayatan pada kulit kepala bisa digunakan dalam operasi penyusutan tulang pipi namun meninggalkan bekas luka yang panjang. Jadi, jika memungkinkan, sayatan di dalam mulut sangat disarankan bersamaan dengan prosedur tarik wajah endoskopik untuk mencegah kekenduran pada pipi. Jika metode sayatan kulit kepala diperlukan, spesialis bedah plastik dengan pengetahuan yang memadai dan pengalaman yang substansial diperlukan untuk meminimalisir kerusakan rambut dan bekas luka.

04   Asimetri dan ketidakseimbangan harus dicegah. Penyusutan tulang pipi dapat menyebabkan asimetri wajah atau lekuk wajah tidak alami saat desain eksisi tulang atau prosedur yang dijalankan salah. Area dengan tulang yang dirampingkan mungkin terlihat cekung tanpa lekukan alami. Oleh karena itu, operasi kraniofasial harus dilakukan oleh spesialis bedah plastik yang terampil dengan pengetahuan substansial dan pengalaman yang luas.

05   Seharusnya tidak ada efek samping seperti kelumpuhan saraf wajah atau pelipis yang cekung. Efek samping ini adalah komplikasi yang berhubungan dengan metode sayatan pada kulit kepala. Namun, hal itu tidak akan terjadi bila prosedur dilakukan oleh spesialis bedah plastik yang terampil.

Kontak kami

Untuk konsultasi online atau membuat janji, silahkan isi form di bawah ini. Untuk konsultasi via whatsapp +82 10-5059-6626 (English) +62 818-0737-4400 (Bahasa)