Rhinoplasty Etnis

“Apa itu Rhinoplasty Etnis?”


Rhinoplasty etnis adalah operasi hidung untuk menciptakan bentuk hidung yang estetik namun tetap memiliki karakteristik berbeda yang unik untuk setiap kelompok etnis. Pada tahun 80an dan 90an, model utama rhinoplasty didasarkan pada bentuk hidung Kaukasia yang tidak sesuai untuk kelompok etnis lain seperti Asia, Afrika Amerika, dan Timur Tengah. Pendekatan rhinoplasty mutakhir akhir-akhir ini mendekati kecantikan individu yang mencakup warisan ras masing-masing dan meningkatkan kecantikanindividu, bukan menerapkan desain hidung universal. Keinginan yang berkembang pada pasien akhir-akhir ini adalah untuk menjalani bedah kecantikan total agar meraih keseimbangan dan proporsi wajah secara keseluruhan, bukan operasi hidung sederhana. Rhinoplasty etnis memerlukan pemahaman penuh tentang kelompok etnis tertentu dan pengalaman rhinoplasty yang ekstensif untuk menyesuaikan setiap detail sesuai dengan kebutuhan pasien.

Pesan Dokter


Setiap etnis memiliki karakteristik dan kondisi yang berbeda seperti pada kulit, jaringan, kartilago, dan tulang. Penting untuk menemukan ahli bedah berpengalaman yang memiliki berbagai pengalaman dalam melakukan rhinoplasty untuk berbagai kelompok etnis. Secara umum, orang Asia dan Afrika Amerika cenderung memiliki proyeksi ujung yang buruk, kulit tebal, hidung bulat, dan kartilago septum yang lemah. Kelompok orang ini membutuhkan ahli bedah untuk 'membangun' struktur hidung mereka dengan menggunakan kartilago septum atau kartilago tulang rusuk yang berlawanan dengan rhinoplasty Kaukasia Barat atau Timur Tengah. Kaukasia Barat dan Timur Tengah cenderung memiliki tulang rawan septal besar, proyeksi berlebih, hidung tebal atau hidung berpunuk. Dalam banyak kasus, tulang rawan septal lebih banyak digunakan untuk operasi hidung mereka daripada kartilago rusuk karena mereka memiliki cukup jumlah kartilago septum.

Informasi Prosedur Operasi


  • Waktu Operasi:     2-3 jam
  • Jenis Pembiusan:     Sedasi IV atau Bius Umum
  • Rawat Inap:     0-1 hari
  • Pelepasan Jahitan:     5-10 hari
  • Waktu Pemulihan:     10 hari

Metode Operasi Rhinoplasty Etnis


RINOPLASTI ASIA Orang Asia memiliki karakteristik hidung yang unik seperti hidung rendah, bulat, dan pendek yang menantang bagi ahli bedah untuk 'membangun' hidung secara alami. Rhinoplasty Asia dari VIP tidak hanya mencakup operasi hidung itu sendiri tetapi juga berfokus pada pencapaian bentuk hidung yang selaras dengan struktur wajah lainnya. Untuk rhinoplasty yang selaras ini, bagian tengah wajah dan kolumela yang cenderung cekung ditinggikan, ujung hidung diproyeksikan dengan lebih baik, dan panjang hidung ditambah. kartilago tulang rusuk autologous, bukan tulang rawan kecil, adalah pilihan optimal untuk operasi Rhinoplasty Asia, karena memberikan stabilitas untuk mendukung struktur hidung dan jumlah kartilago yang melimpah untuk disain prosedur ini. Oleh karena itu, Rhinoplasty Keselarasan direkomendasikan untuk Rhinoplasty Asia. Sebagian besar orang Asia memiliki hidung yang pendek, kolumela cekung dan bagian tengah wajah yang terkesan cekung.

Di Asia, banyak orang menggunakan implan asing seperti silikon dan Goretex untuk menonjolkan atau memanjangkan hidung. Sayangnya, saat memasukkan implan ini, ada kemungkinan komplikasi yang tinggi seperti infeksi, silikon berpindah posisi, ekstrusi, dan penipisan kulit. Dengan demikian, kebanyakan hidung Asia memerlukan pembedahan dengan menggunakan kartilago autologus yang meliputi pemanjangan hidung, proyeksi ujung hidung, serta penonjolan dorsum dan bagian tengah wajah. Jika penggunaan implan asing tidak bisa dihindari, penggunaan implan silikon hanya di batang hidung bisa membantu. Kombinasi dari implan silikon dan jaringan autologus digunakan pada rhinoplasty yang umum di Korea. Kartilago septum bersifat lemah dan tidak cukup jumlahnya untuk penggunaan pada rhinoplasty karena jumlah yang bisa diambil terlalu sedikit. Kartilago telinga juga bersifat lemah, kecil dalam segi volume, dan bentuknya tidak beraturan untuk mendukung struktur hidung. Oleh karena itu, dalam keadaan ini, kartilago tulang rusuk adalah pilihan bahan yang paling berguna untuk melakukan operasi rhinoplasty pada hidung Asia, hidung yang pendek, hidung yang rusak, hidung yang terinfeksi, dan prosedur penonjolan bagian tengah wajah. Kartilago rusuk berjumlah cukup banyak, kuat untuk menopang struktur hidung, dan aman karena merupakan jaringan autologus.
RINOPLASTI KAUKASIA BARAT Tidak seperti orang Asia, orang dengan ras Kaukasia umumnya memiliki kulit lebih tipis dan lebih lemah. Ini berarti implan asing kemungkinan besar terlihat jelas jika digunakan. Untuk jenis ini, menggunakan jaringan alami dari tubuh pasien sendiri merupakan kunci keberhasilan operasi hidung. Orang-orang Barat secara alami memiliki cukup jumlah tulang rawan septal yang bisa digunakan dalam Rhinoplasty. Tulang rawan septum yang menyimpang karena trauma atau kecelakaan dapat memperburuk bentuk hidung dan menyebabkan masalah pernafasan. Jika tidak cukup tulang rawan septal, kartilago rusuk dapat digunakan untuk membentuk kembali hidung. Keterampilan dan pengalaman dokter dalam operasi kartilago tulang rusuk sangat penting karena operasi ini memerlukan rasio pembentukan dan keseimbangan yang tepat yang mencegah asimetrisitas dan masalah pernapasan.
RINOPLASTI TIMUR TENGAH Rhinoplasty Timur Tengah mencakup fitur etnis yang unik dan memerlukan penelitian ekstensif tentang karakteristik hidung ini secara spesifik untuk memperbaikinya, namun tetap mencerminkan penampilan alami sebagai orang Timur Tengah. Banyak orang Timur Tengah yang merasa khawatur karena penyimpangan pada hidung, yang akhirnya menyebabkan masalah pernapasan yang hebat. Mereka juga cenderung ingin memperbaiki ujungnya yang lemah, lunglai, dan bengkok dengan rhinoplasty kecantikan. Oleh karena itu, pendekatan klinis dan estetika sangat signifikan pada Rhinoplasty Timur Tengah. Tujuan utama dari rhinoplasty adalah untuk menciptakan garis hidung yang halus dengan memperbaiki punuk pada batang hidung dan ujung hidung yang lunglai. Bergantung pada kondisi pasien dalam hal bentuk dan tinggi hidung, dokter kemungkinan besar akan merekomendasikan penggunaan kartilago septal atau kartilago tulang rusuk untuk prosedur operasi ini. Orang Timur Tengah biasanya memiliki tulang rawan autologus yang cukup, sehingga implan asing biasanya tidak perlu digunakan. Banyak orang Timur Tengah memiliki kartilago septum yang berkembang dengan baik dan dapat digunakan untuk memperbaiki penyimpangan septum dan menciptakan hidung yang selaras.
RINOPLASTI AFRIKA AMERIKA Rhinoplasty Afrika Amerika adalah operasi hidung etnis untuk orang-orang yang memiliki fitur unik, seperti lubang hidung yang lebar, jaringan lemak dan kulit berlebih pada hidung, septum menyimpang, mulut menonjol, dan ujung hidung yang lemah. Karena mereka cenderung memiliki hidung datar dan pendek, tulang rawan septal hanya diambil untuk digunakan untuk operasi hidung. Orang Afrika Amerika cenderung memiliki karakteristik yang sama dengan orang Asia karena kedua kelompok etnis tersebut memerlukan ahli bedah plastik untuk 'membangun' hidung mereka dan bukan memperhalus garis hidung. Sebagian besar Rhinoplasty Afrika Amerika membutuhkan bahan yang kuat untuk mendukung jaringan kulit yang tebal seperti kartilago rusuk yang dapat membangun struktur hidung dan menambah panjang hidung. Menghilangkan lemak parsial atau memperkecil lubang hidung mungkin diperlukan jika akan dilakukan perampingan bentuk hidung yang terlalu lebar. Rhinoplasty Keselarasan pada umumnya direkomendasikan untuk Rhinoplasty Afrika Amerika.

Kontak kami

Untuk konsultasi online atau membuat janji, silahkan isi form di bawah ini. Untuk konsultasi via whatsapp +82 10-5059-6626 (English) +62 818-0737-4400 (Bahasa)